pembahasan tuna grahita



BAB 4
HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada bab 4 ini akan diuraikan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diselesaikan selama kurang lebih 1 minggu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Badean 5 Bondowoso.
Hasil penelitian ini meliputi data umum yang terdiri dari karakteristik responden yang meliputi: usia orang tua dan pendidikan orang tua. Sedangkan data khusus meliputi:Tingkat Harga Diri Orang Tua yang Mempunyai anak bersekolah di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Badean 5 Bondowoso.
Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Badean 5 Bondowoso terletak di desa Badean kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. SDLB Negeri Badean 5 ini berdiri mulai tahun 1986 hingga sekarang tahun 2014. Luas ini kurang lebih 650 m2, dengan ruangan terdiri atas 6 kelas, 1 ruang kepala sekolah, dan 1 ruang guru. Murid di SDLB Negeri Badean 5 ini ada 44 orang.








4.1    Hasil penelitian
4.1.1   Data umum
1.         Karakteristik responden berdasarkan usia
Diagram 4.1 Karakteristik Usia Orang Tua yang Memiliki Anak Bersekolah di SDLB Badean Kabupaten Bondowoso  tanggal 26 februari 2014

Dari diagram 4.1 diatas didapatkan responden terbanyak usia 21 sampai 30  tahun sebanyak 17 responden dengan persentase (47%) dan responden terendah pada usia 56 sampai 70 sebanyak 4 responden dengan persentase (11%).






2.         Karakteristik berdasarkan pendidikan
Diagram 4.2 Karakteristik Pendidikan Orang Tua yang Memiliki Anak Bersekolah di SDLB Badean Kabupaten Bondowoso pada tanggal 26 februari 2014.

Dari diagram 4.2 diatas didapatkan responden terbanyak dengan pendidikan SMA sebanyak 16 responden dengan persentase (44%) dan responden terendah dengan pendidikan Perguruan Tinggi sebanyak 4 responden dengan persentase (11%).






3.         Karakteristik Pekerjaan Orang Tua yang Memiliki Anak Bersekolah di SDLB Badean
Diagram 4.3 Karakteristik Pekerjaan Orang Tua yang Memiliki Anak Bersekolah di SDLB Badean tanggal 26 februari 2014.

Dari diagram 4.3 tersebut diatas didapatkan responden terbanyak bekerja sebagai wiraswasta yaitu 12 responden dengan persentase  (33%) dan responden yang terendah  bekerja sebagai PNS sebanyak 6 responden dengan responden (17%).







4.1.2        Data Khusus
1.      Diagram batangs Tingkat Harga Diri Orang Tua
Diagram 4.4 Karakteristik Harga Diri Orang Tua yang Memiliki Anak Tuna Grahita yang Bersekolah DI SDLB Badean tanggal 26 februari 2014.

Dari tabel 4.4 di atas menunjukkan hasil penelitian tentang tingkat harga diri orang tua, tingkat harga diri  rendah sebanyak 19  responden dengan persentase (53%), harga diri sedang 17 responden dengan persentase (47%) responden, dan tidak ada responden yang mengalami harga diri tinggi.






4.2    Pembahasan
Dari diagram 4.4 dari data diatas di dapatkan bahwa responden terbanyak terdapat 19 responden dengan persentase (53%) mengalami harga diri rendah dan yang terendah adalah harga diri tinggi dengan tidak ada responden yang mengalami tingkat harga diri tinggi.
Gunarsa (2004) menambahkan ada berbagai reaksi dari orang tua atau kerabat ketika menyadari bahwa anaknya tergolong anak retardasi mental. Ketika anak dinyatakan tergolong retardasi mental kebanyakan orang tua akan terpukul dan akan menyesali keadaan si anak maupun diri sendiri.
Jadi dari hasil penelitian ini orang tua yang memiliki anak tuna grahita cenderung mengalami tingkat harga diri rendah. Dikarenakan orang tu malu dengan keadan anaknya, dan orang tua juga merasa tidak puas dengan kadaan anaknya maupun dirinya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kesimpulan

sectio caesarea

konsep hipertensi