konsep pengetahuan dan menstruasi



BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN

3.1        Desain  Penelitian

Rancangan penelitian adalah sesuatu yang sangat penting dalam penelitian, memumgkinkan pengontrolan maksimal beberapa faktor yang dapat mempengaruhi akurasi suatu hasil. Istilah rancangan penelitian merupakan suatu strategi penelitian dalam mengidentifikasi permasalahan sebelum perencanaan akhir pengumpulan data dan kedua rancangan penelitian digunakan untuk mendefinisikan struktur penelitian yang akan digunakan.
Desain penelitian yang dipakai adalah penelitian studi korelasional dengan pendekatan case control (retrospectif), dimana penelitian ini merupakan penelitian yang menyangkut bagaimana faktor resiko dipelajari dengan menggunakan pendekatan retrospektif (mundur ke belakang). Dengan kata lain, efek (dampak) dari suatu masalah diidentifikasi saat ini, kemudian faktor resiko diidentifikasi adanya/ terjadi pada masa lalu. Penelitian korelasional bertujuan mengungkapkan hubungan korelatif antar variabel. Hubungan korelatif mengacu pada kecendrungan bahwa suatu variabel diikuti oleh  variasi variabel yang lain (Nursalam, 2003).

3.2  Kerangka Kerja
Kerangka kerja dari penelitian ini tersusun seperti skema pada gambar 3.1 berikut ini.































                                                                                        


                                                                                              






Gambar 3.3: Kerangka  Kerja Penelitian  Hubungan  Tingkat  Pengetahuan  Siswi Kelas VII tentang Menstruasi terhadap Kecemasan dalam Menghadapi Menarche di SMP Negeri 1 Sempol Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso

3.3   Identifikasi Variabel

Variable adalah karakteristik atau ciri yang memberikan nilai beda terhadap sesuatu orang, benda dan situasi (Anas Tamsuri, 2008).
3.3.1 Variabel Independen (bebas)
Merupakan variable yang dapat mempengaruhi variabel lainnya. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan siswi kelas VII tentang menstruasi di SMP Negeri 1 Sempol Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso.
3.3.2 Variabel Dependen (tergantung)
      Merupakan variabel yang karakteristiknya dapat dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel yang terkait dalam penelitian ini adalah kecemasan dalam menghadapi menarche di SMP Negeri 1 Sempol Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso.

3.4 Definisi Operasional
Definisi operasional adalah mendefinisikan variable secara operasional dan berdasarkan karakteristik yang diamati. Memungkinkan peneliti untuk melakukan observasi atau pengukuran secara cermat perhadap suatu objek atau fenomena. Pada definisi operasional dapat ditentukan parameter yang dijadikan ukuran dalam penelitian  (Aziz Alimul, 2007).


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kesimpulan

sectio caesarea

konsep hipertensi