kesimpulan



BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada 36 responden, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
Tingkat harga diri orang tua yang memiliki anak dengan tuna grahita yang bersekolah di SDLB Badean mengalami ketidak sesuaian tingkah laku dengan ideal diri atau mengalami harga diri rendah.
Secara keseluruhan dari penelitian ini, yaitu Tingkat Harga Diri Orang Tua yang Memiliki Anak di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Badean Bondowoso pada tanggal 18 februari 2014 di temukan bahwa terdapat  19 atau (53%) responden mengalami harga diri rendah, 17 atau (47%) responden mengalami harga diri sedang, dan tidak ada responden yang mengalami tingkat harga diri tinggi..

5.2. Saran
5.2.1         Untuk Tenaga Keperawatan
Bagi petugas kesehatan hendaknya ditingkatkan pemberian informasi tentang cara meningkatkan harga diri atau kepercayaaan diri kepada masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak tuna grahita.



5.2.2         Untuk Institusi Pendidikan
Bagi institusi pendidikan hendaknya melakukan penyuluhan tentang Tuna Grahita dan harga diri agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan diri masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak tunna grahita
5.2.3         Untuk Responden
            Diharapkan untuk lebih meningkatkan harga diri dengan cara lebih sering bersosialisasi dengan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri dan sering mengadakan konsultasi dengan tenaga medis atau psikolog tentang penatalaksanaan atau cara asuh anak tuna grahita.
5.2.3         Untuk Peneliti Selanjutnya
Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan penelitian lanjutan dan bukan hanya terbatas pada tingkat pengetahuan semata, tetapi dapat lebih ditingkatkan lagi pada penelitian dengan menggunakan metode penelitian analitik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

konsep tingkat stress

sectio caesarea