metode penelitian motivasi



BAB 3
METODE PENELITIAN

3.1  Desain Penelitian
Desain penelitian merupakan bentuk rancangan yang digunakan dalam melakukan prosedur penelitian (Alimul, 2008). Dalam hal ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara factor-faktor risiko dengan efek, dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat. Artinya, tiap subjek penelitian hanya diobservasi sekali saja dan pengukuran dilakukan terhadap status karakter atau variabel subjek pada saat pemeriksaan (Nursalam, 2003).


3.2  Kerangka Kerja
POPULASI
Semua mahasiswa semester 1 di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso
 


SAMPEL
Semua mahasiswa semester 1 di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso yang bersedia menjadi responden

TEKNIK SAMPLING
Random Sampling

PENGUMPULAN DATA
Penyebaran Kuesioner

PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA
Menggunakan Spearman Rho

HASIL

PEMBAHASAN

KESIMPULAN

 














 

3.3  Identifikasi Variabel
Variabel adalah sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat, atau ukuran yang dimiliki atau didapat oleh satuan penelitian tentang suatu konsep pengertian tertentu, misalnya umur, jenis kelamin, pendidikan dan lain-lain. Variabel juga dapat diartikan sebagai konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai (Notoadmodjo,2010).
Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel independent (Bebas) dan Variabel dependent (Tergantung)
3.3.1        Variabel Independent (Bebas)
Variabel Independent adalah merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel terikat (Nursalam, 2003). Variabel bebas yang diteliti adalah motivasi mahasiswa tingkat 1 Prodi D III Keperawatan Universitas Bondowoso.
3.3.2        Variabel Dependent (Tergantung)
Variabel Dependent adalah veriabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas (Nursalam, 2003). Variabel Dependent dalam penelitian ini adalah prestasi belajar mahasiswa tingkat 1 Prodi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso.
3.4  Devinisi Operasional
Devinisi operasional adalah uraian tentang batasan variabel yang dimaksud atau tentang apa yang diukur oleh variabel yang bersangkutan (Notoatmodjo, 2010).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kesimpulan

sectio caesarea

konsep hipertensi