kti motivasi mahasiswa perawat
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam dunia
pendidikan, motivasi untuk belajar merupakan salah satu hal yang penting. Tanpa
motivasi, seseorang tentu tidak akan mendapatkan proses belajar yang baik. Motivasi
merupakan langkah awal terjadinya pembelajaran yang baik. Kemampuan untuk
belajar harus disertai dengan motivasi atau keinginan untuk belajar. Dalam kegiatan
belajar motivasi sangat diperlukan , sebab seseorang yang tidak mempunyai
motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar (Anonymous, 2012)
Secara konseptual motivasi berkaitan erat dengan prestasi
atau perolehan belajar. Pembelajaran yang tinggi motivasi, umumnya tinggi pula
perolehan belajarnya. Sebaliknya, pembelajaran yang rendah motivasinya, rendah
pula perolehan belajarnya. Demikin juga pembelajaran yang sedang-sedang saja
motivasinya, umumnya perolehan belajarnya juga sedang-sedang saja.
Telah banyak riset yang membuktikan bahwa tingginya motivasi
dalam belajar berhubungan dengan tingginya prestasi belajar, seperti riset yang
dilakukan oleh Endang dengan judul penelitian Hubungan Antara Motifasi Belajar
dan Persepsi Tentang Figur Perawat dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester III Program Studi DIII
Keperawatan STIKES Wira Husada Yogyakarta tahun akademik 2009-2010 dengan hasil
penelitian bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motifasi belajar
dengan prestasi akademik mahasiswa semester III Program Studi DIII Keperawatan
STIKES Wira Husada Yogyakarta tahun akademik 2009-2010 (Anonymous, 2012).
Prestasi belajar
akan meningkat apabila dalam proses pembelajaran, seorang pengajar bisa
menerapkan metode pembelajaran yang menumbuhkan motivasi belajar, dan bisa
mengakomodasi gaya belajar dengan menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif,
kreatif, efektif dan menyenangkan .
Berdasarkan
hasil wawancara pada 12 mahasiswa semester 1 di Prodi DIII Keperawatan
Universitas Bondowoso pada tanggal 27-29 juni 2012, di dapatkan keterangan
bahwa cara mengajar dosen yang tidak enak dan sulit dimengerti, sehingga membuat mahasiswa tidak semangat untuk
belajar. Dosen hanya memberikan materi tapi cara menjelaskan sulit dimengerti,
dan membuat mahasiswa malas dan tidak ada motivasi untuk belajar.
Peneliti
memperoleh data dari bagian akademik bahwa konsep dasar keperawatan merupakan
mata kuliah dengan nilai persentase terburuk pada mahasiswa semester 1 di Prodi
DIII Keperawatan Bondowoso angkatan tahun 2012, dimana persentasenya adalah nilai
A = 2,0%, nilai B = 10,1%, nilai C = 26,3%, nilai D = 21,2% dan nilai E =
40,4%.
Masalah tersebut
diatas di peroleh dari hasil laporan bagian akademik bahwa pada mata kuliah
konsep dasar keperawatan selama 3 tahun berturut-turut jumlah mahasiswa yang
lulus ujian pada mata kuliah konsep dasar keperawatan (KDK) diperoleh
persentase sebagai berikut : pada angkatan tahun 2010 yang lulus pada mata
kuliah ini adalah 50%, tahun 2011 sejumlah 69,1%, dan pada tahun 2012 sejumlah 39,9%.
Dari persentase
diatas, angka kelulusan dari tahun 2011 ke tahun 2012 menurun. Dampak apabila
masalah tersebut tidak segera teratasi, pemahaman mahasiswa terhadap mata
kuliah konsep dasar keperawatan menjadi tidak jelas. Padahal mata kuliah ini
merupakan dasar pengenalan mahasiswa untuk menyusun suatu kerangka konseptual
atau model keperawatan, yang di dalamnya meliputi peran dan fungsi perawat
dalam sistem pelayanan kesehatan.
Apabila
mahasiswa sudah tidak mengerti tentang konsep peran dan fungsi perawat dalam
pelayanan kesehatan, maka akan membuat mahasiswa kesulitan dalam memberikan
asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat. Selain
itu, masalah tersebut akan mempengaruhi nilai indek prestasi kumulatif
mahasiswa ( IPK ), masa depan mahasiswa, dan kualitas mahasiswa itu sendiri.
Dari uraian
diatas, masalah tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan pemahaman
mahasiswa semester 1 tentang konsep dasar keperawatan itu sendiri, memberikan
motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, serta menumbuhkan
motivasi yang dapat mendukung tercapainya prestasi belajar yang maksimal
khususnya pada mata kuliah konsep dasar keperawatan (KDK), sehingga
menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Dari masalah
diatas, maka peneliti tertarik untuk mengambil judul “Hubungan Motivasi Belajar
Mahasiswa Semester 1 Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar
Keperawatan di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso Tahun
Akademik 2012-2013”.
1.2 Rumusan Masalah
Sehubungan
dengan latar belakang di atas, maka pernyataan masalahnya adalah: Adakah Hubungan
Motivasi Belajar Mahasiswa Semester 1 Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah
Konsep Dasar Keperawatan di Program Studi DIII Keperawatan Universitas
Bondowoso ?
1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1
Tujuan Umum
Menganalisis hubungan
motivasi belajar mahasiswa semester 1 dengan prestasi belajar pada mata kuliah
konsep dasar keperawatan di Program Studi DIII Keperawatan Universitas
Bondowoso.
1.3.2
Tujuan Khusus
1. Mengidentifikasi
tentang motivasi belajar mahasiswa semester 1 terhadap mata kuliah konsep dasar
keperawatan angkatan tahun 2012 di Program Studi DIII Keperawatan Universitas
Bondowoso.
2. Mengidentifikasi
tentang prestasi belajar mahasiswa semester 1 terhadap mata kuliah konsep dasar
keperawatan angkatan tahun 2012 di Program Studi DIII Keperawatan Universitas
Bondowoso.
3. Mengidentifikasi
hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester 1 terhadap
mata kuliah konsep dasar keperawatan angkatan tahun 2012 di Program Studi DIII
Keperawatan Universitas Bondowoso.
1.4 Manfaat
1.4.1 Bagi
Ilmu Keperawatan
Penelitian ini
dapat bermanfaat untuk meningkatkan ilmu keperawatan khususnya di bidang
managemen keperawatan pada mata kuliah konsep dasar keperawatan (KDK).
1.4.2 Bagi
Institusi
Penelitian ini
bermanfaat bagi Institusi Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso
untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa khususnya pada mata
kuliah konsep dasar keperawatan, sehingga dapat menghasilkan lulusan mahasiswa
yang berkualitas dan berprestasi serta dapat di pertanggung jawabkan dalam
pengabdian masyarakat.
1.4.3 Bagi
Mahasiswa
Penelitian ini juga
bermanfaat bagi mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso
dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa khususnya
pada mata kuliah KDK, sehingga nantinya dapat memberikan asuhan keperawatan
dalam sistem pelayanan kesehatan yang sesuai dengan konsep dasar keperawatan.
1.4.4 Bagi
Peneliti
Peneliti dapat
mengaplikasikan teori dari penelitian yang telah dilakukan.
Komentar
Posting Komentar