kti motivasi mahasiswa perawat



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Dalam dunia pendidikan, motivasi untuk belajar merupakan salah satu hal yang penting. Tanpa motivasi, seseorang tentu tidak akan mendapatkan proses belajar yang baik. Motivasi merupakan langkah awal terjadinya pembelajaran yang baik. Kemampuan untuk belajar harus disertai dengan motivasi atau keinginan untuk belajar. Dalam kegiatan belajar motivasi sangat diperlukan , sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar (Anonymous, 2012)
Secara konseptual motivasi berkaitan erat dengan prestasi atau perolehan belajar. Pembelajaran yang tinggi motivasi, umumnya tinggi pula perolehan belajarnya. Sebaliknya, pembelajaran yang rendah motivasinya, rendah pula perolehan belajarnya. Demikin juga pembelajaran yang sedang-sedang saja motivasinya, umumnya perolehan belajarnya juga sedang-sedang saja.
Telah banyak riset yang membuktikan bahwa tingginya motivasi dalam belajar berhubungan dengan tingginya prestasi belajar, seperti riset yang dilakukan oleh Endang dengan judul penelitian Hubungan Antara Motifasi Belajar dan Persepsi Tentang Figur Perawat dengan Prestasi Akademik  Mahasiswa Semester III Program Studi DIII Keperawatan STIKES Wira Husada Yogyakarta tahun akademik 2009-2010 dengan hasil penelitian bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motifasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa semester III Program Studi DIII Keperawatan STIKES Wira Husada Yogyakarta tahun akademik 2009-2010 (Anonymous, 2012).
Prestasi belajar akan meningkat apabila dalam proses pembelajaran, seorang pengajar bisa menerapkan metode pembelajaran yang menumbuhkan motivasi belajar, dan bisa mengakomodasi gaya belajar dengan menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan .
Berdasarkan hasil wawancara pada 12 mahasiswa semester 1 di Prodi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso pada tanggal 27-29 juni 2012, di dapatkan keterangan bahwa cara mengajar dosen yang tidak enak dan sulit dimengerti, sehingga  membuat mahasiswa tidak semangat untuk belajar. Dosen hanya memberikan materi tapi cara menjelaskan sulit dimengerti, dan membuat mahasiswa malas dan tidak ada motivasi untuk belajar.
Peneliti memperoleh data dari bagian akademik bahwa konsep dasar keperawatan merupakan mata kuliah dengan nilai persentase terburuk pada mahasiswa semester 1 di Prodi DIII Keperawatan Bondowoso angkatan tahun 2012, dimana persentasenya adalah nilai A = 2,0%, nilai B = 10,1%, nilai C = 26,3%, nilai D = 21,2% dan nilai E = 40,4%.
Masalah tersebut diatas di peroleh dari hasil laporan bagian akademik bahwa pada mata kuliah konsep dasar keperawatan selama 3 tahun berturut-turut jumlah mahasiswa yang lulus ujian pada mata kuliah konsep dasar keperawatan (KDK) diperoleh persentase sebagai berikut : pada angkatan tahun 2010 yang lulus pada mata kuliah ini adalah 50%, tahun 2011 sejumlah 69,1%, dan pada tahun 2012 sejumlah 39,9%.
Dari persentase diatas, angka kelulusan dari tahun 2011 ke tahun 2012 menurun. Dampak apabila masalah tersebut tidak segera teratasi, pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah konsep dasar keperawatan menjadi tidak jelas. Padahal mata kuliah ini merupakan dasar pengenalan mahasiswa untuk menyusun suatu kerangka konseptual atau model keperawatan, yang di dalamnya meliputi peran dan fungsi perawat dalam sistem pelayanan kesehatan.
Apabila mahasiswa sudah tidak mengerti tentang konsep peran dan fungsi perawat dalam pelayanan kesehatan, maka akan membuat mahasiswa kesulitan dalam memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat. Selain itu, masalah tersebut akan mempengaruhi nilai indek prestasi kumulatif mahasiswa ( IPK ), masa depan mahasiswa, dan kualitas mahasiswa itu sendiri.
Dari uraian diatas, masalah tersebut dapat diatasi dengan cara meningkatkan pemahaman mahasiswa semester 1 tentang konsep dasar keperawatan itu sendiri, memberikan motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, serta menumbuhkan motivasi yang dapat mendukung tercapainya prestasi belajar yang maksimal khususnya pada mata kuliah konsep dasar keperawatan (KDK), sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Dari masalah diatas, maka peneliti tertarik untuk mengambil judul “Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester 1 Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Keperawatan di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso Tahun Akademik 2012-2013”.
1.2  Rumusan Masalah
Sehubungan dengan latar belakang di atas, maka pernyataan masalahnya adalah: Adakah Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester 1 Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Keperawatan di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso ?

1.3  Tujuan Penelitian
1.3.1        Tujuan Umum
Menganalisis hubungan motivasi belajar mahasiswa semester 1 dengan prestasi belajar pada mata kuliah konsep dasar keperawatan di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso.
1.3.2        Tujuan Khusus
1.      Mengidentifikasi tentang motivasi belajar mahasiswa semester 1 terhadap mata kuliah konsep dasar keperawatan angkatan tahun 2012 di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso.
2.      Mengidentifikasi tentang prestasi belajar mahasiswa semester 1 terhadap mata kuliah konsep dasar keperawatan angkatan tahun 2012 di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso.
3.      Mengidentifikasi hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester 1 terhadap mata kuliah konsep dasar keperawatan angkatan tahun 2012 di Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso.



1.4  Manfaat
1.4.1     Bagi Ilmu Keperawatan
Penelitian ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan ilmu keperawatan khususnya di bidang managemen keperawatan pada mata kuliah konsep dasar keperawatan (KDK).
1.4.2     Bagi Institusi
Penelitian ini bermanfaat bagi Institusi Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa khususnya pada mata kuliah konsep dasar keperawatan, sehingga dapat menghasilkan lulusan mahasiswa yang berkualitas dan berprestasi serta dapat di pertanggung jawabkan dalam pengabdian masyarakat.
1.4.3     Bagi Mahasiswa
Penelitian ini juga bermanfaat bagi mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa khususnya pada mata kuliah KDK, sehingga nantinya dapat memberikan asuhan keperawatan dalam sistem pelayanan kesehatan yang sesuai dengan konsep dasar keperawatan.
1.4.4     Bagi Peneliti
Peneliti dapat mengaplikasikan teori dari penelitian yang telah dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kesimpulan

sectio caesarea

konsep hipertensi